Perangkat
mobile mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan. Hal ini
dibuktikan dengan semakin banyaknya smart phone atau telephone pintar yang
membanjiri pasar dengan fitur yang sangat canggih. Banyaknya perusahaan yang
memproduksi perangkat mobile dan berkembangnya teknologi mobile membuka peluang
yang sangat lebar untuk penelitian tentang mobile computing.
Apakah anda memiliki telepon
genggam? Pernahkah anda melihat iklan tentang transaksi yang dapat dilakukan
dimana saja dengan begitu cepat dan mudah? Atau bahkan anda pernah
melakukannya? Kurang lebihnya, semua itu adalah termasuk dalam teknologi mobile computing.
Mobile Computing
1.
Definisi
Mobile Computing
Dari segi bahasa, computing
artinya komputasi atau sesuatu yang bisa berjalan dengan fungsi seperti
komputer. Sedangkan mobile adalah sesuatu barang (khususnya elektronik) yang
mudah dibawa kemana mana. Lantas bagaimana bentuk dari alat ini? Jawabannya
bermacam-macam. Bisa dalam bentuk handphone, PDA, GPS, Blackberry, dan lain
lain.
Jadi bisa kita simpulkan
bahwa mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang
memiliki teknologi secanggih komputer dan mampu melakukan komunikasi walaupun
user atau pangguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Teknologi
ini juga mencakup mobile computer atau
portable computer yang bisa melakukan komunikasi tanpa kabel atau nirkabel.
Alat alat ini bisa berupa alat pendeteksi posisi, alat komunikasi, maupun
alat-alat lain yang khususnya dipergunakan untuk
berhubungan dan komunikasi.
Mobile computing juga
merupakan teknologi yang dapat melakukan sistem distribusi data saat bergerak
bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.
2.
Sejarah
singkat Mobile Computing
Mobile computing mengalami perkembangan yang sangat
pesat dan melalui beberapa tahapan. Pada 1800- an, mulai ditemukan teknologi
listrik yang dapat membantu manusia melakukan komputasi dengan perangkat yang
menggunakan sumber daya listrik. Kemudian satu abad berikutnya yaitu 1900-an,
mulai dikenal adanya komputer pertama. Teknologi komputer ini juga mengalami
perkembangan yang sangat pesat sampai kadang manusia tertinggal untuk update
informasinya. Penggunaan komputer ini menjadi lebih bermanfaat dan berdaya guna
tinggi dengan dikenalkannya jaringan komputer pada tahun 1969 oleh Arpanet.
Jaringan komputer dengan media gelombang radio (wireless) menjadikan komputasi
bisa dilakukan secara mobile walau masih terkendala jarak yang masih terbatas.
Jangkauan mobile computing menjadi lebih luas lagi setelah adanya teknologi
satelit yang mulai dikembangkan antara tahun 1970-1980-an. Teknologi satelit
ini terutama digunakan untuk militer, dunia penerbangan, penyiaran dan system
pengawasan. Untuk saat ini teknologi satelit juga digunakan untuk Global
Positioning System (GPS) yang dapat membantu manusia mengenali lokasi agar
tidak tersesat. Bahkan di perangkat mobile (smart phone) juga sudah banyak yang
dilengkapi dengan fasilitas Assisted-GPS (A-GPS) yang sangat berguna bagi
penggunanya sebagai system navigasi agar tidak tersesat.
Keberadaan mobile
computing mengalami perkembangan yang sangat besar dengan adanya teknologi
selular yang mulai dikembangkan pada tahun 1980. Untuk saat ini, mobile
computing menjadi sebuah kebutuhan dimana jika tidak membawa perangkat mobile
(hand phone atau smart phone), seseorang akan merasa tidak nyaman dan belum
lengkap. Kedepannya, aplikasi yang biasanya dikembangkan untuk sebuah PC akan
beralih pada perangakat mobile. Peluang penelitian terbuka sangat lebar pada
area ini, apalagi jika ditambahkan sebuah sistem pintar untuk membantu
menyelesaikan masalah sehari-hari.
3.
Perkembangan
Mobile Computing
a. Personal Computer
Sejarah ini diawali dengan terciptanya device atau
hardware komputer, khususnya Personal Computer(PC). Saat itu, PC berawal
dari perkembangan komputer besar yang harus di gunakan oleh lebih dari 1 orang.
Kemudian komputer besar menjelma menjadi komputer personal dalam ukuran yang
lebih kecil setelah ditemukannya chip prosesor pada tahun 80-an. Yang
sering kita dengar adalah intel chip 4004 yang di ciptakan pertama kali pada
pertengahan 1971.
b. Networking, LAN, dan WLAN
Setelah komputer personal di ciptakan, para pakar
berpikir untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Ini di awali
dengan diciptakannya jaringan internet di dunia. Setelah itu di ciptakanlah
jaringan komputer lokal atau Local Area Network (LAN), dengan
maupun tanpa server. Jaringan ini memungkinkan komputer-komputer dalam suatu
lingkup lokasi terhubung dengan kabel satu sama lain. Kemudian setelah LAN
jaringan komputer makin berkembang dengan WLAN (Wireless LAN), yaitu
hubungan komputer sama seperti LAN namun dapat di lakukan tanpa kabel
(wireless=tanpa kabel). Hubungan seperti ini dapat dilakukan dalam suatu area
yang terdapat hot spot, yaitu alat penyedia
jaringan nirkabel.
c. Laptop, handphone, dan
alat komunikasi lainnya
Seiring dengan perkembangan zaman, komputer
diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Komputer pun di buat makin kecil
ukurannya dengan kemampuan setara dengan komputer dekstop. Sampai saat ini,
komputer portabel atau laptop ini menjadi alat favorit karena kecanggihannya di
simpan dalam ukuran kecil, kompak dan mudah dibawa kemana mana. Begitu juga
dengan telepon. Semakin meningkatnya kebutuhan manusia dalam hal komunikasi,
maka telepon pun juga di buat portable atau mudah di bawa. Sama juga dengan
laptop, telepon pun juga menjadi portabel dengan di ciptakannya handphone.
Berawal dari handphone, fungsinya pun juga makin bervariasi. Mulai dari
musik, kamera, video, bahkan alat pendeteksi posisi (GPS).
d. Mobile computing
Setelah semua alat komunikasi kompak seperti pager,
handphone dan laptop maupun sejenisnya tercipta, maka diciptakanlah sebuah
hubungan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi saat sedang
melakukan perpindahan. Jika sebelumnya kita hanya dapat melakukan hubungan atau
koneksi saat kita sedang diam seperti sedang berada dalam jaringan LAN, maka
teknologi ini menjadi paradigma baru dalam melakukan suatu koneksi. Teknologi
ini memungkinkan kita untuk melakukan distribusi data walau kita sedang berpindah
dari jaringan satu ke jaringan yang lain. Contohnya saat sedang melakukan
transaksi dengan bank, kita harus malakukan login, transaksi atau transfer,
kemudian kita menerima laporan, walaupun saat itu kita sedang naik mobil
berkecepatan 100km/jam. Ini dapat dilakukan karena kita melakukan koneksi
dengan jaringan berbeda tanpa memutus jaringan koneksi itu sendiri. Saat kita
sedang login, kita berada suatu jaringan X. Kemudian saat bertransaksi, kita
berada pada jaringan Y, dan menerima laporan saat kita berada pada jangkauan
jaringan Z. Ini terjadi tanpa pemutusan koneksi sama sekali, yaitu adanya
hubungan antara jaringan X, Y, dan Z. Hubungan seperti itulah yang disebut mobile
computing.
4. Kelebihan dan Kekurangan Mobile Computing
a. Kelebihan
-
Mobilitas
-
Keefektifan
-
Aplikasi yang luas
-
Bebas berpindah jaringan
b. Kekurangan
-
Rendahnya jaringan bandwidth
-
Biaya komunikasi asimetrik
-
Koneksi yang lemah
-
Konsumsi tenaga
Quantum Computation
Quantum Computer atau komputer kuantum
memanfaatkan fenomena ‘aneh’ yang
disebut sebagai superposisi.
Dalam mekanika kuantum, suatu
partikel bisa berada
dalam dua keadaan sekaligus.
Inilah yang disebut
keadaan superposisi. Komputer
kuantum tidak menggunakan
Bits tetapi QUBITS (Quantum
Bits). Karena kemampuannya
untuk berada di bermacam
keadaan (multiple states),
komputer kuantum memiliki potensi
untuk melaksanakan berbagai perhitungan secara
simultan sehingga jauh
lebih cepat dari komputer
digital. Komputer kuantum
menggunakan partikel yang bisa
berada dalam dua keadaan sekaligus, misalnya atomatom yang
pada saat yang
sama berada dalam
keadaan tereksitasi dan tidak
tereksitasi, atau foton
(partikel cahaya) yang berada di
dua tempat berbeda pada saat bersamaan.
1.
Definisi
Quantum Computer
Merupakan alat
hitung yang menggunakan mekanika kuantum seperti superposisi dan keterkaitan,
yang digunakan untuk peng-operasi-an data. Perhitungan jumlah data pada
komputasi klasik dihitung dengan bit, sedangkan perhitungan jumlah data pada
komputer kuantum dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar komputer kuantum adalah
bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan
struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan
operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan
sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.
2.
Sejarah
Quantum Computing
Pada tahun
1970-an pencetusan atau ide tentang komputer kuantum pertama kali muncul oleh
para fisikawan dan ilmuwan komputer, seperti Charles H. Bennett dari IBM, Paul
A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari
University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of
Technology (Caltech). Feynman dari California Institute of Technology yang
pertama kali mengajukan dan menunjukkan model bahwa sebuah sistem kuantum dapat
digunakan untuk melakukan komputasi. Feynman juga menunjukkan bagaimana sistem
tersebut dapat menjadi simulator bagi fisika kuantum.
Pada tahun
1985, Deutsch menyadari esensi dari komputasi oleh sebuah komputer kuantum dan
menunjukkan bahwa semua proses fisika, secara prinsipil, dapat dimodelkan
melalui komputer kuantum. Dengan demikian, komputer kuantum memiliki kemampuan
yang melebihi komputer klasik.
Pada tahun
1995, Peter Shor merumuskan sebuah algoritma yang memungkinkan penggunaan
komputer kuantum untuk memecahkan masalah faktorisasi dalam teori bilangan.
Sampai saat
ini, riset dan eksperimen pada bidang komputer kuantum masih terus dilakukan di
seluruh dunia. Berbagai metode dikembangkan untuk memungkinkan terwujudnya
sebuah komputer yang memilki kemampuan yang luar biasa ini. Sejauh ini, sebuah
komputer kuantum yang telah dibangun hanya dapat mencapai kemampuan untuk
memfaktorkan dua digit bilangan. Komputer kuantum ini dibangun pada tahun 1998
di Los Alamos, Amerika Serikat, menggunakan NMR (Nuclear Magnetic Resonance).
3.
Model
Quantum Computing
Setiap computing
apapun pasti mempunyai model yang penting, begitu juga dengan Quantum Computing.
Quantum Computing mempunyai empat model utama yang penting dan praktis,
diantaranya adalah :
4. Quantum Bit
Pada komputasi
quantum, ada keterhubungan dengan biner. Pada pc dan komputasi quantum
sama-sama menggunakan bahasa komputer yang disebut biner. Biner adalah basis 2
dalam bahasa matematika karena hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0.
Dalam komputasi kuantum unit dasar dari informasi adalah qubit (quantum bit).
Qubit membentuk dasar dari komputasi kuantum. Qubit dalam komputasi quantum
berbeda dari biner yang biasa di gunakan pada pc lama. Dalam komputasi kuantum, dua qubit
juga dapat terdiri dari satu dari keempat kombinasi tersebut di atas yang
disebut state bagian dasar komputasi. Sementara sepasang klasik bit dapat
menyimpan nomor ini hanya satu per satu, sepasang qubit juga bisa eksis dalam
superposisi dari dasar empat state atau antara 0 dan 1. Dengan demikian, qubit
dapat berisi sejumlah besar informasi dan hasil ini dalam komputer kuantum yang
secara eksponensial lebih kuat daripada komputer klasik (non-kuantum). Ada empat
perangkat kontrol yang dapat digunakan untuk membuat qubit :
- Perangkap Ion
- Titik-titik Kuantum
- Semiconductor Impurities
- Sirkuit Superkonduktor
5. Entanglement
Entanglement
adalah efek mekanik kuantum yang mengaburkan jarak antara partikel individual
sehingga sulit menggambarkan partikel tersebut terpisah meski Anda berusaha
memindahkan mereka. Contoh dari quantum entanglement: kaitan antara penentuan
jam sholat dan quantum entanglement. Mohon maaf bagi yang beragama lain saya
hanya bermaksud memberi contoh saja. Mengapa jam sholat dibuat seragam? Karena
dengan demikian secara massal banyak manusia di beberapa wilayah secara
serentak masuk ke zona entanglement bersamaan.
6. Algoritma Shor
Algoritma yang
ditemukan oleh Peter Shor pada tahun 1995. Dengan menggunakan algoritma ini,
sebuah komputer kuantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini
secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode yang disebut kode
RSA ini, jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman
karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu,
pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga
kerja pemecahan ini tidaklah efektif.
7. Quantum Gates
Pada
saat ini, model sirkuit komputer adalah abstraksi paling berguna dari proses
komputasi dan secara luas digunakan dalam industri komputer desain dan
konstruksi hardware komputasi praktis. Dalam model sirkuit, ilmuwan komputer
menganggap perhitungan apapun setara dengan aksi dari sirkuit yang dibangun
dari beberapa jenis gerbang logika Boolean bekerja pada beberapa biner (yaitu,
bit string) masukan. Setiap gerbang logika mengubah bit masukan ke dalam satu
atau lebih bit keluaran dalam beberapa mode deterministik menurut definisi dari
gerbang. dengan menyusun gerbang dalam grafik sedemikian rupa sehingga output
dari gerbang awal akan menjadi input gerbang kemudian, ilmuwan komputer dapat
membuktikan bahwa setiap perhitungan layak dapat dilakukan.
Tidak ada komentar
Posting Komentar